Sejarah Kebudayaan Islam atau yang lebih kerap di dengar dengan sebutan SKI, kali ini guruKATRO share Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) untuk mata pelajaran tersebut, dari Kurikulum 2013 untuk tigkat satuan pendidikan Madrasah Tsanawiyah (MTs).
Seperti pada posting posting KI-KD sebelumnya, guruKATRO masih tetap memilih cara dengan memilah per mata pelajaran per satuan pendidikan.
D. KI-KD Sejarah Kebudayaan Islam
D.1. KI-KD Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas VII Semeter 1
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
||
1
|
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
|
Meyakini misi dakwah Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta,
pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.
|
2
|
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
|
Merespon
keteladanan perjuangan Nabi dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat
Makkah.
|
2.2
|
Merespon
keteladanan perjuangan Nabi dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat
Madinah.
|
||
2.3
|
Menghargai
nilai-nilai dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui
kegiatan ekonomi dan perdagangan untuk masa kini dan yang akan datang.
|
||
2.4
|
Menghargai
nilai-nilai dari misi Nabi
Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian,
kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.
|
||
3
|
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
3.1
|
Memahami sejarah Nabi Muhammad dalam
membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
|
3.2
|
Memahami misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa
kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.
|
||
3.3
|
Memahami pola dakwah Nabi Muhammad di Makkah dan
Madinah
|
||
3.4
|
Menganalisis
pola dakwah Nabi Muhammad di Makkah dan Madinah
|
||
4
|
Mencoba, mengolah dan
menyaji menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
|
4.1
|
Melafalkan Q.S. Al-‘Alaq
1-5 yang merupakan wahyu pertama diterima Nabi Muhammad SAW
|
4.2
|
MelafalkanQ.S. Al-Mudatsir
1-7 yang merupakan wahyu kedua diterima Nabi Muhammad SAW
|
||
4.3
|
MelafalkanQ.S. Asy
Syu’aaro 154 dan al-Hijr: 94 sebagai dasar untuk berdakwah secara
sembunyi-sembunyi dan terang-terangan.
|
||
4.4
|
Mensimulasikan
dakwah Nabi Muhammad saw waktu di Makkah
|
||
4.5
|
Mensimulasikan dakwah
Nabi Muhammad saw waktu di Madinah
|
D.2. KI-KD Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas VII Semeter 2
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
||
1
|
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
|
Menghargai perilaku Khulafaaur-raasyidiin
cerminan dari akhlak Rasulullah SAW.
|
1.2
|
Merespon langkah-langkah yang diambil oleh
khalifah daulah Bani
Umayyah untuk kemajuan umat Islam dan budaya Islam
|
||
1.3
|
Merespon keshalihan dan kesederhanaan Umar bin
Abdul Azis merupakan cerminan perilaku Rasulullah SAW.
|
||
1.4
|
Merespon diri dari sisi-sisi negatif
perilaku para penguasa daulah
Dinasti Umayah
|
||
2
|
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
|
Merespon nilai-nilai yang terkandung dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafaaurraasyidiinuntuk masa kini dan
yang akan datang.
|
2.2
|
Merespon gaya kepemimpinan Khulafaaurraasyidiin.
|
||
2.3
|
Merespon nilai-nilai dari perkembangan
kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti Bani Umaiyah untuk masa kini
dan yang akan datang.
|
||
2.4
|
Menghargai kesederhanaan dan kesalihan Umar
bin abdul Aziz dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
2.5
|
Menghargai keteladanan
semangat para ilmuan muslim pada masa Dinasti
Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang akan datang.
|
||
3
|
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
3.1
|
Memahami
berbagai prestasi yang dicapai oleh
Khulafaaurraasyidiin.
|
3.2
|
Memahami
sejarah berdirinya Dinasti Bani Umayyah.
|
||
3.3
|
Memahami perkembangan kebudayaan / peradaban
Islam pada masa Dinasti Bani Umaiyah.
|
||
3.4
|
Memahami tokoh ilmuwan muslim dan perannya
dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Bani Umayyah.
|
||
3.5
|
Memahami
sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis.
|
||
4
|
Mencoba, mengolah dan
menyaji menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
|
4.1
|
Meniru model kepemimpinan Khulafaaurraasyidiin.
|
4.2
|
Menceritakan kisah ketegasan Abu Bakar
as-Siddiq dalam menghadapi kekacauan umat Islam saat wafatnya Nabi Muhammad
SAW.
|
||
4.3
|
Menceritakan kisah tentang kehidupan Umar bin Abdul Azis
dalam kehidupan sehari-hari.
|
D.3. KI-KD Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas VIII Semeter 1
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
||
1
|
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
|
Menghayati upaya Dinasti Bani Abbasiyah mendirikan Daulah
merupakan bagian dari perkembangan kebudayaan Islam.
|
1.2
|
Menghargai
nilai-nilai positif dari khalifah Dinasti Bani Abbasiyah yang menonjol.
|
||
2
|
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
|
Menghargai semangat belajar para ilmuan muslim di masa Dinasti
Abbasiyah sehingga mampu membawa puncak kejayaan kebudayaan dan peradaban
Islam.
|
2.2
|
Menghargai nilai-nilai ajaran dari perkembangan
kebudayaan / peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah untuk masa kini dan
yang akan datang.
|
||
2.3
|
Menghargai
keteladanan yang berupa ketekunan dan kegigihan khalifah Dinasti Bani Abbasiyah yang terkenal.
|
||
3
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
|
3.1
|
Memahami latar belakang berdirinya Dinasti Bani
Abbasiyah
|
3.2
|
Memahami perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada
masa Dinasti Abbasiyah
|
||
3.3
|
Memahami tokoh ilmuwan muslim: Ali bin Rabban at-Tabari,
Ibnu Sina, al-Razi (ahli kedokteran), Al Kindi, Al Ghazali, Ibn Maskawaih
(ahli filsafat), Jabir bin Hayyan ahli kimia), Muhammad bin Musa
al-Khawarizmi (ahli Astronomi) dan perannya dalam kemajuan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa Abbasiyah
|
||
3.4
|
Memahami para ulama’: penyusun kutubussittah (ahli
Hadis), empat imam madhab (ahli fikih), Imam At-Thabari, Ibnu Katsir (ahli
Tafsir) dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa
Abbasiyah.
|
||
4
|
Mencoba,
mengolah dan menyaji menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
|
4.1
|
Menceritakan silsilah kekhalifahan Dinasti Abbasiyah.
|
4.2
|
Menceritakan biografi dan karya para ilmuan muslim pada
masa Dinasti Abbasiyah.
|
||
4.3
|
Menunjukkan contoh keindahan kota Baghdad sebagai wujud
kemajuan budaya dimasa Dinasti Abbasiyah.
|
D.4. KI-KD Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas VIII Semeter 2
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
||
1
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
|
Menghargai perjuangan Shalahuddin al-Ayyubi untuk
menegakkan agama Allah SWT.
|
1.2
|
Menghargai
perjuangan dalam mensyiarkan kebenaran sesuai kondisi sekarang yang lebih
menitikberatkan aspek humanis (kemanusiaan).
|
||
2
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
|
Merespon perkembangan
kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti al-Ayyubiyah untuk masa kini
dan yang akan datang.
|
2.2
|
Menghargai
semangat para pendiri dinasti Al Ayyubiyah.
|
||
2.3
|
Menghargai
keteladanan sikap keperwiraan, zuhud, dan kedermawanan Shalahuddin al-Ayyubi dalam kehidupan
sehari-hari
|
||
3
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
|
Memahami sejarah berdirinya DinastiAl Ayyubiyah
|
3.2
|
Memahami para para pendiri dinasti Al Ayyubiyah
|
||
3.3
|
Memahami perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada
masa penguasa Ayyubiyah
|
||
3.4
|
Memahami penguasa Dinasti Al Ayyubiyah yang terkenal
|
||
3.5
|
Memahami
ilmuwan muslim Dinasti Al Ayyubiyah dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban
Islam
|
||
4
|
Mencoba, mengolah dan menyaji menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam
sudut pandang/teori.
|
4.1
|
Menceritakan
terjadinya peristiwa perang Salib.
|
4.2
|
Menceritakan
kegigihan Salahuddin Yusuf al-Ayyubi dalam merebut kembali masjidil Aqsha.
|
||
4.3
|
Menceritakan
biografi tokoh yang terkenal pada masa Dinasti Al Ayyubiyah.
|
||
4.4
|
Menunjukkan contoh peran para ilmuwan muslim Dinasti Al
Ayyubiyah.
|
D.5. KI-KD Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas IX Semeter 1
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
||
1
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
|
Menghargai
nilai-nilai perjuangan Walisongo dalam mensyiarkan Islam.
|
1.2
|
Menghargai usaha dakwah yang dilakukan Abdul Rauf
Singkel, Muhammad Arsyad al-Banjari, KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asyári
dalam beramar ma’ruf nahi munkar.
|
||
1.3
|
Berkomitmen
untuk selalu tekun, gigih dalam belajar dan mensyiarkan Islam sebagaimana
yang dilakukan oleh para penyebar agama Islam di Indonesia.
|
||
2
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
|
Menghargai
sikap arif dan bijaksana sebagaimana sikap yang dimiliki para penyebar agama
Islam di Indonesia.
|
2.2
|
Menghargai
keteladanan semangat para tokoh yang berperan dalam perkembangan Islam di
Indonesia .
|
||
2.3
|
Menghargai
keteladanan semangat perjuangan para penyebar agama Islam yang ikhlas dan
tidak kenal lelah serta penuh kesabaran.
|
||
2.4
|
Menghargai terhadap peninggalan para penyebar agama
Islam dengan tidak menodai perjuangan mereka ke arah anarkhis (kekerasan).
|
||
3
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
|
Memahami sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui
perdagangan, sosial, dan pengajaran.
|
3.2
|
Memahami bukti masuknya Islam di nusantara abad ke 7, 11
dan 13.
|
||
3.3
|
Memahami faktor penyebab mudahnya perkembangan Islam di
Nusantara.
|
||
3.4
|
Memahami sejarah
kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.
|
||
3.5
|
Memahami para tokoh dan perannya dalam perkembangan
Islam di Indonesia (Walisongo, Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al Banjari,
K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asyári)
|
||
3.6
|
Memahami peran para tokoh dalam perkembangan Islam di
Indonesia (Walisongo, Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al Banjari, K.H.
Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asyári)
|
||
3.7
|
Menerapkan semangat perjuangan walisongo dalam
menyebarkan agama Islam di Indonesia
|
||
3.8
|
Memahami semangat perjuangan Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan
K.H. Hasyim Asyáridalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.
|
||
4
|
Mencoba, mengolah dan menyaji menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam
sudut pandang/teori.
|
4.1
|
Menceritakanalur perjalanan
para pedagang Arab dalam berdakwah di Indonesia.
|
4.2
|
Menceritakanperjuangan
walisongo dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.
|
||
4.3
|
Menceritakankisah perjuangan walisongo dalam
menyebarkan agama Islam di Indonesia.
|
||
4.4
|
Menceritakanbiografi Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad
Al Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asyári dalam menyebarkan agama
Islam di Indonesia.
|
D.6. KI-KD Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas IX Semeter 2
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
||
1
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
|
Menghargai
tradisi dan budaya Islam merupakan bagian dari hasil kebudayaan umat Islam di
Indonesia.
|
1.2
|
Berkomitmen ikut melestarikan tradisi dan adat budaya
yang Islami.
|
||
2
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
|
Menghargai tradisi
dan upacara adat kesukuan di Nusantara.
|
2.2
|
Menghargai
tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara (Jawa,
Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura).
|
||
3
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
|
Memahami bentuk
tradisi, adat dan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam (Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura).
|
3.2
|
Menerapkan seni
budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam (Jawa, Sunda, Melayu, Bugis,
Minang, Madura).
|
||
4
|
Mencoba, mengolah dan menyaji menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam
sudut pandang/teori.
|
4.1
|
Menunjukkan
contoh bentuk tradisi, adat dan seni budaya lokal di Jawa, Sunda, Melayu,
Bugis, Minang, dan Madura.
|
4.2
|
Mensimulasikan
bentuk tradisi, adat dan seni budaya lokal di Jawa, Sunda, Melayu, Bugis,
Minang, Madura.
|
selanjutnya KI-KD Bahasa Arab Kurikulum 2013 untuk MTs
Komentar
Posting Komentar