Melanjutkan posting tentang RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Edisi Kurikulum 2013 revisi 2017, kali ini guruKATRO akan share contoh RPP untuk Kelas 1 Tema 1 Sub Tema 2. Seperti biasa, dan mungkin saja untuk seterusnya.
Hanya mengatur kembali seperti dalam hal menyatukan, menata letak, numbering, tabeling, exampling saja memerlukan waktu yang cukup lama, guruKATRO tidak dapat membayangkan bagaimana seorang guru bisa akan menghasilkan output yang baik bila ia dituntut harus menyusun RPP yang sepertinya akan memerlukan waktu lebih panjang dari durasi mengajarnya (bagi sebagian guru).
Dari pada waktu sangguru habis untuk menyusun RPP tanpa sempat bertemu muka dengan peserta didiknya, marilah rame rame maen copasedit saja, dan ini hanya akan berguna pada saat supervisi, akreditasi dan lain lain saja. Sementara untuk mempersiapkan apa yang besok akan disampaikan kepada peserta didik, cukup hanya dengan mempelajari materi sambil membuat catatan kecil tentang kira kira langkah dan metode apa yang perlu dipaparkan. (PROVOKATOR).
haaaaa guruKATRO kok jadi gituuuuu
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan
Pendidikan
|
:
|
MI Al Katroiyah
|
Kelas /
Semester
|
:
|
1 /1
|
Tema
|
:
|
Diriku
(Tema 1)
|
Sub
Tema
|
:
|
Tubuhku
(Sub Tema 2 )
|
Pembelajaran
ke
|
:
|
1
|
Alokasi waktu
|
:
|
1 hari
|
A.
KOMPETENSI
INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI
DASAR
Muatan : PPKn
Kompetensi
|
Indikator
|
||
1.2
|
Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan
sehari-hari di rumah.
|
1.2.1
|
Mematuhi sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan
sehari-hari di rumah.
|
2.2
|
Melaksanakan aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
|
2.2.1
|
Menjalankan aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
|
3.2
|
Mengidentifikasi aturan
yang berlaku dalam kehidupan sehari-
hari di rumah.
|
3.2.1
|
Menggali informasi hal-hal yang harus
dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
|
4.2
|
Menceritakan kegiatan
sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
|
4.2.1
|
Mempraktekan hal-hal yang harus dilakukan
sehubungan dengan aturan di rumah
|
Muatan : SBdP
Kompetensi
|
Indikator
|
||
3.3
|
Mengenal gerak anggota
tubuh melalui tari
|
3.3.1
|
Mengidentifikasi gerak
anggota tubuh (kepala, badan, tangan, dan kaki) dalam suatu tarian
|
4.3
|
Memeragakan gerak anggota
tubuh melalui tari.
|
4.3.1
|
Mempraktekan gerak anggota
tubuh melalui tari.
|
Muatan : Bahasa
Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
||
3.4
|
Menentukan kosakata
tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek
(berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair lagu) dan
eksplorasi lingkungan
|
3.4.1
|
Mengidentifikasi gambar
dan kata anggota tubuh dengan tepat
|
4.4
|
Menyampaikan penjelasan (berupa gambar dan
tulisan) tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya menggunakan kosakata bahasa Indonesia
dengan bantuan bahasa daerah secara lisan dan/atau tulis
|
4.4.1
|
Menggunakan kosa kata tentang anggota tubuh
dengan tepat dalam bahasa lisan atau tulisan
|
C. TUJUAN
A.
1. Melalui lagu, siswa dapat menunjukkan bagian-bagian tubuh.
2. Dengan menirukan ucapan guru, siswa dapat menyebutkan bacaan nama
bagian-bagian tubuh.
3. Melalui ragam gerak, siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh.
4. Setelah berdiskusi dengan teman, siswa dapat menunjukkan aturan tentang
menjaga kesehatan tubuh di rumah hubungannya dengan makan makanan yang sehat.
5. Dengan berlatih, siswa dapat mengenali kosa kata dan memasangkan
bagian-bagian tubuh dengan namanya.
6. Dengan bermain peran, siswa dapat menunjukkan aturan saat makan di
rumah.
B.
MATERI
- Mengenal
Anggota Tubuh dengan Bernyanyi
- Gerak
anggota tubuh melalui tari
C.
PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan :
Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non
Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Kelas dimulai dengan dibuka
dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
2.
Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa.
Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang
paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3.
Siswa diingatkan untuk selalu
mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya
sita-cita.
4.
Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan
penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5.
Pembiasaan membaca 15 menit dimulai
dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh dunia,
kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi
. Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan
pertanyaan-pertanyaan berikut:
·
Apa yang tergambar pada sampul buku.
·
Apa judul buku
·
Kira-kira ini menceritakan tentang
apa
·
Pernahkan kamu membaca judul buku
seperti ini
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengenal Anggota Tubuh dengan
Bernyanyi
1.
Untuk
mencairkan suasana, guru mengajak siswa untuk menyanyi bersama “Dua mata
saya”. (lihat buku siswa halaman 2)
![]()
2.
Sambil
menyanyikan lagu “Dua mata saya”, siswa menunjuk bagian-bagian tubuh sesuai
dengan teks lagu.
![]()
3.
Setelah itu, guru
menunjukkan gambar bagian-bagian tubuh dan menempelnya di papan tulis.
4.
Minta siswa
mengamati gambar tubuh tersebut. Gambar tubuh tersebut belum ada namanya.
5.
Guru lalu
bertanya pada siswa apakah ada yang mengetahui nama-nama bagian tubuh pada
gambar yang ditempel di papan tulis. Guru mengapresiasi jawaban siswa yang
mau menjawab dengan meminta siswa tersebut untuk menunjukkan bagian tubuh
sesuai dengan jawabannya.
6.
Guru memancing
siswa lain untuk aktif mengidentifikasi nama-nama bagian tubuh.
7.
Guru meminta
semua siswa untuk mengecek jawaban mereka. Guru lalu mengambil kartu kata
nama-nama anggota tubuh.
8.
Guru
memperlihatkan salah satu kartu nama anggota tubuh dan membacakannya. Minta
salah satu siswa untuk menempelkan kartu nama tersebut di dekat bagian tubuh
sesuai dengan yang dimaksud.
9.
Guru
memperlihatkan kartu yang lain, membacakannya, dan meminta siswa yang lain
untuk menempel kartu nama tersebut. Begitu seterusnya sampai semua kartu nama
anggota tubuh tertempel pada gambar.
10.
Guru dan siswa
mengecek bersama. Guru menunjuk salah satu bagian tubuh dan menyebutkan
namanya. Guru lalu membaca kartu nama anggota tubuh yang tertempel di dekat
anggota tubuh tersebut. Cocok atau tidak ya antara nama anggota tubuh di
kartu dengan anggota tubuh yang dimaksud.
11.
Jika ada kartu
nama yang salah tempel, minta siswa lain untuk membetulkannya.
12.
Setelah semua
kartu nama anggota tubuh sudah dicek, guru lalu membacakan semua kartu nama
anggota tubuh sambil menunjuk anggota tubuh yang dimaksud. Siswa menirukan
bacaan dari guru. (lihat buku siswa halaman 39)
13.
Setelah siswa
menirukan, guru dan siswa bersama-sama membaca nyaring nama-nama bagian tubuh
sambil guru menunjuk nama dan anggota tubuh yang dimaksud.
14.
Guru lalu
bertanya kepada siswa, bagaimana ya caranya supaya badan sehat. (siswa akan
memberi banyak jawaban, salah satunya adalah makan)
15.
Guru bertanya
kepada siswa, bagaimana sikap yang harus ia tunjukkan di rumah saat hendak
makan, sedang makan, dan selesai makan.
16.
Untuk menjawab
pertanyaan tersebut, guru meminta siswa menggali informasi dari teman
sebangku tentang aturan saat makan di rumah.
17.
Siswa akan
bertanya jawab, yaitu bagaimana sikap yang harus ia tunjukkan di rumah saat
hendak makan, sedang makan, dan selesai makan.
18.
Guru lalu meminta
siswa berpasangan dengan seorang teman di sebelah kanannya (bisa juga dengan
teman sebangku/semeja). Setiap pasangan saling bertanya jawab/diskusi tentang
aturan saat makan.
ü Jenis pertanyaan dipandu oleh guru, seperti: apakah tadi pagi sudah
makan? Sebelum makan, apakah ada yang harus kamu lakukan? Kalau makan di
mana, di meja makan atau boleh dimana saja? Kalau makan, apakah bersama-sama
dengan anggota keluarga atau sendiri-sendiri?
ü Bagaimana sikap saat makan? Bagaimana sikap jika sudah selesai makan?
19.
Kemudian guru
meminta perwakilan siswa untuk menunjukkan tentang sikap saat makan di rumah.
20.
Setelah selesai,
guru minta siswa mengamati buku siswa halaman 40.
ü Apakah dari hasil diskusi tentang aturan sikap siswa saat hendak, akan,
dan setelah makan ada yang sesuai dengan gambar di buku siswa?
21.
Setelah itu guru
merangkum semua jawaban siswa dan menyampaikan informasi tentang aturan di
rumah tentang makan. Secara umum aturan pada saat makan adalah sebagai
berikut:
ü Mencuci tangan sebelum makan
ü Berdoa sebelum makan
ü Makan sambil duduk
22.
Guru menanamkan
kepada siswa untuk mengikuti aturan di rumah saat makan.
23.
Sebelum kegiatan
ditutup, siswa dan guru bergerak bersama dalam sebuah ragam gerak “Kepala
pundak lutut kaki”. (lihat di buku siswa pada halaman 41).
![]()
24.
Guru memberi
contoh terlebih dulu, lalu siswa mengamati dan kemudian mengikuti. Guru dan
siswa bergerak sesuai dengan irama lagu tersebut. Guru memberikan instruksi
untuk gerak dasar sebelum siswa mengikuti ragam gerak “Kepala pundak lutut
kaki”. Instruksi gerak dasar tersebut adalah:
ü Sikap berdiri, pandangan ke depan
ü Kedua tangan di pinggang
ü Kedua kaki dibuka, lutut ditekuk
ü Gerak kepala tengok kanan dan kiri
25. Awalnya bersama-sama. Lalu bergantian per 10 orang siswa mengulangi
gerakan tariannya.
26. Setelah menari, semua siswa mengerjakan latihan di buku siswa halaman
42 dan 43.
|
140
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1. Di akhir kegiatan, guru
mengulang kembali nama-nama bagian tubuh.
2.
Guru melakukan refleksi
sebelum menutup kegiatan:
ü
Bagaimana perasaan kalian mengikuti kegiatan hari ini?
ü Kegiatan apa yang paling
kamu sukai? Mengapa?
ü Kegiatan mana yang paling
mudah/sulit? Mengapa?
3.
Setelah refleksi, guru
memimpin siswa untuk berdoa sebelum pulang.
4. Guru mempersilahkan siswa
pulang. Siswa memberi salam pada guru.
5. Tiba di rumah, siswa memberi
salam kepada orang tua.
|
15
menit
|
E.
PENILAIAN
Penilaian terhadap
proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat
pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan
penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
1. Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
1. a. Contoh Format Jurnal Sikap Spiritual
No
|
Tanggal
|
Nama
Peserta didik
|
Catatan
perilaku
|
Butir Sikap
|
1.
|
Berdoa sebelum dan sesudah makan
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
|
||
1. b. Contoh Format Jurnal Sikap Sosial
No
|
Tanggal
|
Nama
Peserta didik
|
Catatan
perilaku
|
Butir Sikap
|
1.
|
Berani mengemukakan pendapat
|
Percaya diri
|
||
1.c. Contoh Format Penilaian Diri Aspek Sikap:

2.
Penilaian pengetahuan:
- Tes tertulis
Cara penilaian:
Skor penilaian: 0- 100
Penilaian : Skor
yang diperoleh x 100
Skor maksimal
Contoh:
Misalnya
setiap jawaban benar akan mendapat nilai 2. Jadi, skor maksimalnya adalah 3 x 2
= 6.
Jika siswa
hanya menjawab dengan benar dua soal, maka nilainya adalah sebagai berikut:

3. Penilaian keterampilan:
3. a. Rubrik kegiatan bercerita pengalaman beristirahat.

* Kriteria penilaian masing-masing memiliki poin 25 di
setiap bobot angka. Jika bobotnya 4, maka skornya adalah 4 x 25 = 100, dan
seterusnya.
- Instrumen
Penilaian Kegiatan Bercerita

T : Terlihat
; BT : Belum Terlihat
Kriteria 1: Banyak
kalimat di atas 10 kalimat
Kriteria 2: Suara
terdengar
Kriteria 3:
Menggunakan bahasa baku
3. b. Menggerakkan tubuh dalam
sebuah ragam gerak yang diiringi lagu “Kepala, pundak, lutut, kaki”

F.
SUMBER
DAN MEDIA
·
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1
Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2013).
·
Software Pengajaran
kelas 1 SD/MI dari JGC.
·
Gambar dari
Google.com
·
Video dari
youtobe.com.
·
Syair lagu “Dua Mata Saya”
·
Gambar anggota tubuh manusia yang lengkap
Refleksi guru :
|
Catatan Guru
1. Masalah : ……………………………………………………………..……………………………………………………………….
2. Ide Baru : …………………………………………………………..………………………………………………………………….
3. Momen Spesial : ………………………………………………………………………………………………………………………..…….
Mengetahui
Kepala Madrasah,
……………………………………..……………
NIP. ……………………………………………
|
…………………,............... 2018
Guru Kelas 1
,
…………………………………….………………
NIP……………………………………………….
|
Bagi yang ingin menyimpan Contoh RPP yang sudah dijadikan satu dalam satu sub tema itu,
BOLEH AMBIL DARI SINI
Komentar
Posting Komentar