Alhamdulillaah, pada kesempatan ini guruKATRO berkesempatan untuk posting satu lagi contoh RPP, kali ini masih untuk contoh RPP Kurikulum 2013, Mata Pelajaran Al-Quran hadits kelas satu semester satu, dengan Tema Mengenal Huruf Hijaiyah bagian pertama.
guruKATRO tidak mengklaim bahwa contoh RPP ini akan selalu sesuai dan dianggap benar menurut pandangan banyak personal, RPP ini hanya bersifat contoh, terutama ditujukan untuk rekan rekan guru yang masih cukup ragu didalam memulai sendiri menyusun RPP Mata Pelajaran AlQuran Hadits.
Yang menjadi sebab contoh RPP ini cukup lama belum dipublikasikan, adalah karena contoh RPP dibawah ini dibuat dalam format tabel, dengan tujuan agar bisa terlihat rapi baik dalam format word maupun tampilan pada halaman posting blog.
Sebenarnya dengan cara seperti itu membuat loading halaman blog ini menjadi lebih berat, namun apa daya guruKATRO sangat menginginkan tampilan halaman blog yang sedikit lebih rapi dan tidak terkesan acak acakan, dan juga bila ada pengunjung yang hendak copas, hasilnya juga akan cukup rapi (tertata dalam masing masing kotak tabel.
Dalam contoh RPP ini juga guruKATRO tidak mengaktifkan format numbering (penomoran otomatis pada word) yang sering membuat kesal kita, karena numbering yang pada pada contoh RPP yang harusnya balik lagi ke angka 1 pada setiap elemen contoh RPP, ternyata word maunya diurut continue dari atas, sehingga nomor tetap urut dari atas hingga bawah walaupun pada elemen contoh RPP selanjutnya. Jadi pada contoh RPP ini penomoran 100% dibuat secara manual.
Sebenarnya dengan cara seperti itu membuat loading halaman blog ini menjadi lebih berat, namun apa daya guruKATRO sangat menginginkan tampilan halaman blog yang sedikit lebih rapi dan tidak terkesan acak acakan, dan juga bila ada pengunjung yang hendak copas, hasilnya juga akan cukup rapi (tertata dalam masing masing kotak tabel.
Dalam contoh RPP ini juga guruKATRO tidak mengaktifkan format numbering (penomoran otomatis pada word) yang sering membuat kesal kita, karena numbering yang pada pada contoh RPP yang harusnya balik lagi ke angka 1 pada setiap elemen contoh RPP, ternyata word maunya diurut continue dari atas, sehingga nomor tetap urut dari atas hingga bawah walaupun pada elemen contoh RPP selanjutnya. Jadi pada contoh RPP ini penomoran 100% dibuat secara manual.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
|
||
Satuan Pendidikan
|
:
|
MIS AL FALAHIYAH PLOMPONG
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Al-Quran Hadits
|
Kelas
/ Semester
|
:
|
I /
1
|
Tema
|
:
|
Mengenal
Huruf Hijaiyah ( 1 )
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
2 x
3 jam pelajaran
|
I.
|
Kompetensi Inti
|
|
KI-1
|
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
|
KI-2
|
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
dan guru.
|
|
KI-3
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan
di madrasah.
|
|
KI-4
|
Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak ber- iman dan
berakhlak mulia.
|
II.
|
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
|
||
KD-1.1
|
Menyadari bahwa membaca Al Qur’an harus
dengan benar dan baik sesuai kaidah ilmu tajwid
|
||
Indikator
|
|||
1.1.1
|
Terbiasa membaca Al Qur’an dengan benar
dan baik sesuai kaidah ilmu tajwid dalam kehidup-an sehari-hari
|
||
KD-2.1
|
Terbiasa membaca Al Qur’an dengan benar
dan baik sesuai kaidah ilmu tajwid dalam kehidup-an sehari-hari
|
||
Indikator
|
|||
2.1.1
|
Menyadari bahwa membaca Al Qur’an harus
dengan benar dan baik sesuai kaidah ilmu tajwid
|
||
KD-3.1
|
Mengetahui huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya (fathah,
kasrah dan dhammah).
|
||
Indikator
|
|||
3.1.1
|
Menyebutkan huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacaanya (fathah,
kasrah dan dhammah).
|
||
KD-4.1
|
Membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhraj dan tanda bacanya (fathah, kasrah dan dhammah).
|
||
Indikator
|
|||
4.1.1
|
Membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai mahrajnya (fathah, kasrah
dan dhammah).
|
III.
|
Deskripsi Materi Pembelajaran
|
||
1.
|
Huruf-huruf hijaiyah.
|
ا ب ت ث ج ح خ د ذ ر ز س ش ص ض ط ظ
ع غ ف ق ك ل م ن و ه ء ئ
|
|
2.
|
Tanda baca (fathah, Kasrah, Dhommah).
|
ُ ِ َ
|
IV. Proses Pembelajaran
|
|||
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
|
Pen dahuluan
|
1.
|
Guru mengawali pelajaran dengan mengucapkan
salam dan berdoa bersama.
|
15 menit
|
2.
|
Guru menyapa, memeriksa kehadiran dan
kerapian peserta didik.
|
||
3.
|
Guru memberikan motivasi peserta didik
dengan menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
||
4.
|
Guru mengajukan pertanyaan secara
komunikatif materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi pelajaran.
|
||
5.
|
Guru mempersiapkan alat peraga berupa
tulisan dan kartu huruf hijaiyah atau
|
||
6.
|
dapat juga menggunakan multimedia atau
media yang lain.
|
||
7.
|
Guru menyajikan atau memutar lagu “a ba ta
tsa” bersama sama
|
||
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
|
150 menit
|
|
1.
|
Mengamati gambar / kartu peraga huruf
–huruf hijaiyah dan tanda bacaanya
|
||
2.
|
Mencermati lafal huruf –huruf hijaiyah dan
tanda bacaanya
|
||
3.
|
Menyimak pelafalan huruf –huruf hijaiyah
dan tanda bacaanya
|
||
Menanya
|
|||
1.
|
Mengajukan
pertanyaan cara membaca huruf –huruf hijaiyah dan tanda bacaanya
|
||
2.
|
Melalui
motivasi guru mengajukan pertanyaan, misalnya berapakah jumlah huruf
Hijaiyah? Bagaimana melafalkan huruf-huruf Hijaiyah?
|
||
3.
|
Mengajukan
pertanyaan perbedaan bentuk huruf –huruf hijaiyah dan tanda bacaanya
|
||
Mengumpulkan
data/eksplorasi
|
|||
1.
|
Melafalkan secara
berulang-ulang huruf hijaiyah dan tanda bacanya sampai kadar pelafalannya
baik
|
||
2.
|
Menyalin tulisan huruf hijaiyah dan tanda
bacanya
|
||
Asosiasi
|
|||
1.
|
Membuat rumusan tentang klasifikasi
pelafalan huruf Hijaiyah dan tanda bacanya
|
||
2.
|
Mengidentifikasi huruf Hijaiyah dari
tingkat yang paling mudah dan sukar
|
||
Mengkomunikasikan
|
|||
1.
|
Menirukan pelafalan huruf hijaiyah sesuai
mahraj dan tanda bacanya secara individual dan klasikal
|
||
2.
|
Mendemonstrasikan bacaan huruf-huruf
hijaiyah sesuai mahraj dan tanda bacanya
|
||
Penutup
|
1.
|
Guru melaksanakan
penilaian secara lisan.
|
15 menit
|
2.
|
Guru merefleksi
dengan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah
dilaksanakan sebagai bahan perbaikan.
|
||
3.
|
Guru merencanakan
kegiatan tindak lanjut pembelajaran.
|
||
4.
|
Pembelajaran
ditutup dengan membaca hamdalah dan doa serta salam.
|
V.
|
Penilaian Hasil Pembelajaran, Remedial dan
Pengayaan
|
|
1.
|
Penilaian Sikap
|
|
Guru mengadakan penilaian sikap (afektif ) dengan penilaian
antar peserta didik yaitu :
|
||
Menilai lafal dan hafalan peserta didik yang lain setiap
anggota kelompok. Isilah format berikut ini sesuai dengan pendapatmu dengan
memberikan tanda cek (√) pada kolom.
|
||
Nama Peserta Didik (penilai) : ____________________________________________
|
No.
|
Nama
|
Lafal Huruf Hijaiyah
|
|||
Jelas
|
Lancar
|
||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Syamsul
|
√29
|
√29
|
||
2.
|
Nurul Falah
|
||||
3.
|
Ahmad Subhi
|
Keterangan :
|
|
*
|
Jumlah penilai satu kelompok dari 5 orang
|
*
|
Tanda cek pada
kolom : jelas, lancar, berapa huruf yang bisa dilafalkan masing-masing anak
dilaksanakan secara berkelompok
|
*
|
Diberi ya/bisa
sekor 1 ; tidak skor 0
|
*
|
Skor peserta didik
= jumlah perolehan skor dari semua penilai
|
*
|
Kategori hasil penilaian
Skor maksimal 58
Baik
: jika jumlah skor 48 – 58.
Sedang
: jika jumlah skor 38 – 47.
Kurang
: jika jumlah skor 10 - 37.
|
2.
|
Pengetahuan
|
||||
Guru melakukan
penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu menjawab pertanyaan
pada kolom “ayo berlatih”.
|
|||||
Rubrik penilaian
|
|||||
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Kriteria penilaian :
|
|||||
4 :
|
sangat hafal = hafal huruf-huruf hijaiyah
dan tanda baca dengan mahrajnya.
|
||||
3 :
|
hafal = hafal huruf hijaiyah dan tanda
bacanya.
|
||||
2 :
|
kurang hafal = hafal beberapa huruf
hijaiyah dan tanda bacanya.
|
||||
1 :
|
belum hafal = belum hafal.
|
Skor nilai :
|
||||
Nilai akhir
|
=
|
perolehan nilai
|
x
|
100
|
Jumlah skor
|
||||
3.
|
Keterampilan
|
Guru memberikan penilaian terhadap peserta didik menjawab
“tugasku”.
|
|
Rubrik penilaian :
|
|
Kebenaran peserta didik dalam menebalkan tulisan huruf-huruf
hijaiyah 80% dan keindahan tulisan 20% sesuai kaidah penulisan huruf
hijaiyah.
|
|
Pengayaan
|
|
Kegiatan tambahan yang diberikan kepada peserta didik yang
telah memenuhi target pembelajaran, yaitu menjadi tutor sebaya untuk mengecek
kejelasan dan kelancaran lafal huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya peserta
didik lain yang belum.
|
|
Remedial
|
|
Kegiatan perbaikan hasil belajar peserta didik yang belum
lancar (belum memenuhi target) melafalkan huruf-huruf hijaiyah, dibantu oleh
tutor sebaya di bawah bimbingan guru dan melakukan penilaian kembali.
|
|
Interaksi
guru dan orang tua
|
|
Guru membuat buku penghubung yang berkaitan dengan kegiatan
pembelajaran selama di dalam kelas yang berisi menyelesaikan tugas dan
pengamatan belajar anak di rumah dengan kolom komentar dan paraf.
|
VI.
|
Alat dan Sumber Belajar
|
|||
1.
|
Media/Alat/bahan
|
:
|
Perlengkapan untuk eksplorasi VCD
|
|
2.
|
Sumber belajar
|
:
|
Wiyarso,
Rokhman, Uvi Uswatun Hasanah. 2014. Buku Siswa “Al-Qur’an Hadits“ Untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas I. Kementerian
Agama Republik Indonesia. Jakarta Hal. 1-6
|
Mengetahui,
|
Plompong, Juli 2016
|
|
Kepala Madrasah
|
Guru Kelas I B
|
|
Abdul Hamid, S. Pd.I
|
Hj. Ummi mukarromah, S. Pd.I
|
|
NIP.………………………………………..
|
NIP.……………………………………….
|
RPP ini hanya untuk review saja, tidak disarankan untuk 100% copas, silakan ubah dan atau kembangkan sendiri disesuaikan dengan keadaan lokal masing masing.
Komentar
Posting Komentar